Belajar Memahami 9 Kecerdasan Menurut Howard Gardner

9 kecerdasan yang perlu diasah

Halo readers! Yuk update pengetahuan kamu dengan membaca setiap harinya.

Tahukah kamu bahwa kecerdasan memiliki banyak tipe, bukan hanya pintar matematika ya guys. Secara umum kecerdasan adalah kemampuan untuk memahami, belajar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, beradaptasi, dan berinteraksi dengan lingkungan secara efektif. Kecerdasan melibatkan berbagai aspek kognitif, emosional, sosial, dan praktis. Howard Gardner membagi kecerdasan menjadi 9 tipe kecerdasan.

Artikel ini akan membahas tentang macam-macam kecerdasan menurut Howard Gardner.

9 Macam Kecerdasan Menurut Howard Gardner

Howard Gardner adalah seorang psikolog terkemuka di Amerika yang terkenal dengan teorinya yaitu Multiple Intelligences. Pada teori ini, kecerdasan tidak hanya terbatas pada kecerdasan kognitif atau kecerdasan IQ, tetapi juga terdiri dari berbagai macam jenis kecerdasan yang berbeda. Howard Gardner membagi kecerdasan menjadi 9 macam. Menurutnya setiap individu memiliki beberapa kecerdasan dari 9 macam tersebut. 9 macam kecerdasan menurut Howard Gardner adalah:

1. Kecerdasan Verbal-Linguistik

Yaitu kemampuan yang berhubungan dengan kata-kata dan Bahasa. Kecerdasan jenis ini biasanya unggul dalam membaca, menulis, atau berbicara.

2. Kecerdasan Logika-Matematis

Yaitu kemampuan dalam pemecahan masalah dan berpikir secara logis. Kecerdasan jenis ini biasa unggul dalam pemecahan teka teki (masalah).

3. Kecerdasan Visual Spasial

Yaitu kemampuan dalam seni visual atau dapat memahami dan mengimplementasikan gambaran visual. Kecerdasan jenis ini biasanya suka menggambar dan dapat memandang kehidupan dengan sudut pandang yang unik.

4. Kecerdasan Musical

Yaitu kemampuan dalam bermain music, menyanyi, menciptakan nada, dan memiliki kepekaan terhadap irama, melodi, dan suara. Kecerdasan jenis ini biasanya dapat mengambil makna tersembunyi dari sebuah nada.

5. Kecerdasan Kinestetik Jasmani

Yaitu kemampuan untuk menggunakan tubuh dengan baik dalam ekspresi seperti gerakan dan tindakan.  Kecerdasan jenis ini bisanya unggul dalam olahraga.

6. Kecerdasan Interpersonal

Yaitu kemampuan untuk memahami dan berinteraksi dengan orang lain.  Kecerdasan jenis ini biasanya unggul dalam memahami orang-orang sekitar sehingga sangat cocok untuk bekerja dalam tim, juga cocok untuk memimpin.

7. Kecerdasan Intrapersonal

Yaitu kemampuan untuk memahami diri sendiri, seperti emosi, keinginan, dan motivasi diri. Kecerdasan jenis ini biasanya memiliki sifat yang tenang karena dapat mengendalikan emosinya dengan baik.

8. Kecerdasan Naturalis

Yaitu kemampuan untuk memahami, berinteraksi, dan menghargai alam. Kecerdasan jenis ini biasanya tertarik untuk mempelajari hal yang berkaitan dengan alam dan makhluk hidup di dalamnya.

9. Kecerdasan Eksistensial

Yaitu kemampuan untuk berpikir tentang kehidupan. Kecerdasan jenis ini biasanya mempertanyakan dan menemukan makna kehidupan, tertarik pada filsafat.

Selengkapnya, Baca Buku Multiple Intelligences Karya Howard Gardner!

9 kecerdasan menurut Howard Gardner penting untuk dipelajari karena dengan mengetahuinya, kita dapat fokus pada bidang yang sesuai dengan minat dan bakat kita. Dalam satu individu memang dapat memiliki beberapa jenis kecerdasan di atas karena pada umumnya 9 kecerdasan itu ada pada setiap individu, tetapi salah satu kecerdasan pasti ada yang lebih unggul dari kecerdasan lainnya.

Gardner telah berkontribusi dalam bidang psikologi pendidikan, pembelajaran, dan kreativitas. Dia telah menulis banyak buku yang menjadi acuan penting dalam studi psikologi perkembangan dan Pendidikan. Salah satu karya yang terkenal adalah buku yang membahas tentang kecerdasan ganda yang berjudul ‘Multiple Intelligences’.

Buku ini cocok untuk kamu yang memiliki jurusan psikologi untuk mempelajari teori kecerdasan dari Howard Gardner. Namun tidak hanya jurusan psikologi saja, buku ini sangat bermanfaat bagi siapa pun yang membacanya. Jangan lupa membaca setiap hari untuk meningkatkan pengetahuan kamu ya!


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama