Tips Cari Kos Murah buat Mahasiswa Baru Alias Maba 2022

Kos Murah Mahasiswa

Halo Readers, hari ini Kita ngobrol soal kos-kosan yuk! Ada beberapa tips cari kos murah untuk mahasiswa baru.

Kos atau kost adalah sebuah tempat, ruangan atau kamar yang disewakan kepada seseorang dengan sejumlah pembayaran dalam periode tertentu dan telah disepakati bersama. Untuk kos-kosan mahasiswa umumnya disewakan per bulan atau tiga bulan, ada juga yang sistem pembayarannya per enam bulan.

Untuk menunjang perkuliahan, tips mencari kost tentu sangat dibutuhkan karena ada cukup banyak pertimbangan dalam memilih tempat kost. Hal ini karena indekos atau kost akan jadi tempat tinggal Sobat Online selama kurang lebih 4 tahun belajar di universitas.

Kalau bisa sih cukup sekali saja cari kost mahasiswa dan bisa awet sampai lulus supaya nggak perlu ribet mikirin pindah kos dan lain-lain. Tetapi pada kenyataannya, mencari kos mahasiswa tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun sekarang juga banyak cara mencari kost online melalui aplikasi pencari kost atau website tertentu.

Tips Mencari Kost Murah dan Nyaman untuk Mahasiswa Baru

Seperti yang Sobat Online tahu, kos-kosan itu sendiri sangat beragam jenisnya, juga harga dan fasilitasnya. Kepengennya sih dapat kost murah 200 ribu per bulan ygy. Tapi jangan lupa juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan banyak hal termasuk dari segi kesehatan, keamanan dan lain-lain.

Untuk yang baru pertama kali ngekos, terutama mahasiswa baru 2022 atau yang lebih sering dipanggil ‘maba’, jangan sampai salah pilih tempat kost ya. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dan beberapa tips mencari tempat kost murah dan nyaman untuk mahasiswa baru.

1. Tipe Kost yang Diinginkan

Ada banyak jenis atau tipe kost yang biasa disewakan oleh pemilik kost. Ada kos mahasiswa, kos karyawan, kos keluarga, kos khusus putri/putra, kos muslimah dan lain-lain. Selain itu kos-kosan juga dibedakan berdasarkan jumlah penghuni, ada yang 1 kamar 1 orang, 1 kamar 2 orang dan lain-lain.

Dari sini, cobalah untuk menentukan pilihan atau keinginan Sobat Online. Ingin ngekost sendiri atau 1 kamar berdua? Lebih nyaman di kos-kosan khusus mahasiswa atau kos campuran?

2. Harga dan Fasilitas Kost

Selanjutnya, poin penting yang perlu dipertimbangkan yaitu harga sewa kos dan fasilitas kos yang didapatkan. Tentu ada harga ada kualitas. Tetapi dengan cara mencari kost lebih banyak, maka Sobat Online bisa menemukan kos mahasiswa terbaik dengan harga pas dan fasilitas yang memuaskan.

Di poin ini, pertimbangkan apakah harga sewa kos sudah include listrik dan fasilitas lainnya? Tanyakan juga kepada pemilik kos, jika membawa laptop atau elektronik lain apakah dikenakan biaya tambahan?

3. Kesehatan dan Kebersihan Kost

Selama masa pencarian, cara mencari kost yang baik tentu saja dengan survey langsung ke lokasi supaya bisa lihat kondisi kos sebenarnya. Penting sekali untuk memperhatikan faktor kebersihan kos dan kesehatannya.

Di sini, Sobat online bisa memeriksa kamar mandi atau toilet di tempat kos tersebut, cek juga apakah airnya bersih dan tidak berbau? Lalu untuk kamar kos, coba perhatikan sirkulasi udara dan cahaya yang masuk ke kamar.

4. Keamanan Tempat Kost

Untuk tips yang keempat, jangan lupa pertimbangkan soal keamanan kost dan lingkungan sekitarnya. Nggak lucu dong kalau kos-kosannya bersebelahan dengan kandang ayam. Hahahaha

Jika memungkinkan lebih baik cari tempat kost yang memiliki pos satpam atau yang memiliki pagar dengan kunci/gembok. Beberapa orang juga merasa lebih aman dan nyaman jika bangunan kost berdekatan dengan rumah pemilik kost. Selain itu, juga lebih mudah menghubungi pemilik kost untuk pembayaran atau kebutuhan lainnya.

5. Jarak Kost ke Kampus

Terakhir, pertimbangkan seberapa jauh jarak tempat kost ke kampus atau universitas. Hal ini juga perlu diperhatikan demi kelancaran kegiatan perkuliahan. Sobat online tentu tidak ingin sering telat ke kampus kan?

Oleh karena itu, coba hitung jarak dan waktu tempuh yang dibutuhkan dari tempat kost ke kampus. Tiap orang tentu beda-beda ya karena ada yang ke kampus dengan jalan kaki, naik sepeda atau motor.

Kos Murah dan Berkualitas, Siapa Takut?

Mencari dan memilih tempat kos untuk mahasiswa baru 2022 mungkin terdengar sulit, apalagi jika ini merupakan pengalaman pertama ngekost. Bukan hanya tips mencari kost yang dibutuhkan, tetapi juga tips ngekost dan cara beradaptasi di kos baru.

Namun Sobat Online tidak perlu khawatir dalam mencari kos karena saat ini banyak aplikasi cari kost yang bisa diakses dari rumah, serta jangan lupa mempertimbangkan 5 tips mencari kos di atas ya. Dapat kos murah dan berkualitas, siapa takut?


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama